Rabu, 23 Desember 2009

KEUTAMAAN BULAN DZULHIJJAH

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu dari empat bulan terhormat (bulan yang dimulyakan Allah SWT), yaitu :
Bulan Dzulqo’dah
Bulan Dzulhijjah
Bulan Muharram
Bulan Rajab

Dari sahabat Ibnu Abbas ra. meriwayatkan, bahwa Nabi SAW pernah bercerita sejumlah peristiwa yang terjadi pada bulan Dzulhijjah, antara lain :

Tanggal 1 Dzulhijjah : Allah mengampuni kesalahan Nabi Adam AS, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu Allah akan mengampuni dosanya.

Tanggal 2 Dzulhijjah : Allah mengabulkan do’a Nabi Yunus AS dan mengeluarkan dari perut ikan Nun, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu, seakan-akan ia melakukan amal ibadah selama setahun tanpa dicampuri maksiat sedikitpun.

Tanggal 3 Dzulhijjah : Allah mengabulkan do’a nabi Zakaria AS, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu do’anya akan mustajab.

Tanggal 4 Dzulhijjah : Nabi Isa AS dilahirkan, maka barangsiapa berpuasa dihari itu Allah akan menghilangkan kesusahan dan kefakiran.

Tanggal 5 Dzulhijjah : Nabi Musa AS dilahirkan, maka barangsiapa berpuasa Allah akan menjaga dia dari kemunafikan dan dijauhkan dari siksa kubur.

Tanggal 6 Dzulhijjah : Allah SWT membukakan pintu kebaikan kepada semua Nabi-Nya, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu akan diberi kesempatan memandang wajah Allah SWT dan sesudah itu tidak akan disiksa lagi untuk selamanya.

Tanggal 7 Dzulhijjah : Pintu Neraka Jahannam dikunci dan akan dibuka kembali
Pada tanggal 10 Dzulhijjah, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu Allah akan menutup 30 pintu kesulitan dan membuka 30 pintu kemudahan.

Tanggal 8 Dzulhijjah : dinamakan hari Tarwiyah,yaitu hari untuk berfikir dimana nabi Ibrahim mulai merenungkan mimpi yang dialaminya. Maka barangsiapa yang berpuasa pada hari itu Allah akan memberi pahala yang nilainya hanya Allah yang mengetahui.

Tanggal 9 Dzulhijjah : dinamakan hari Arafah, yaitu Nabi Ibrahim mulai yaqin dengan mimpinya memang benar merupakan perintah Allah SWT. Dan pada tanggal ini Allah menurunkan penutup keseluruhan/menyempurnakan Al Qur’an. Firman Allah dalam surat Al Maidah : 3, maka barangsiapa yang berpuasa dihari itu Allah akan mengampuni dosany selama dua tahun, setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Tanggal 10 Dzulhijjah : adalah Hari Raya Idul Adha atau Yaumun Nahar (hari penyembelihan), karena Nabi Ibrahim berniat untuk melakukan penyembelihan terhadap putra terkasih yaoitu nabi Ismail AS. Maka barangsiapa yang mendekatkan diri kepada Allah dengan cara berkurban, Allah akan mengampuni dosanya dan dosa keluarganya semenjak pertama kali darah kurban menetas ke bumi dan barangsiapa yang bersedekah pada hari itu dengan memberikan makanan/pemberian yang lainnya kepada orang mukmin, maka Allah akan membangkitkannya pada hari kiamat dalam keadaan selamat, dan timbangan amal baiknya akan melebihi beratnya gunung Uhud.

Inilah keutamaan dalam bulan Dzulhijjah, semoga kita mendapatkan kemudahan dari Allah untuk melakukan semua amalan yang ada dalam bulan Dzulhijjah. Amien



Ditulis oleh Choirul Anam

Tidak ada komentar: